Tuesday, March 4, 2014

My First Cake with Rice Cooker

No Scale
No Mixer
No Oven
but.... I made a CAKE, :yahoo: 

Jadi ceritanya mulai rajin ceki ceki socmed nih, gara - gara udah join beberapa grup cooking, daan akhirnya ngeliatlah ada postingan banana cake dari  mbak Vina. Mungkin bagi yang udah expert ini cuma cake biasa, tapi  buat amatiran seperti saya (baca : belum pernah bikin kue) , ini luar biasa, mana masaknya pake rice cooker pulaak, cocok kan untuk kaliber anak kosan yang minim fasilitas inih  :evil_grin:

Dengan bermodalkan gelas takar, pengocok telur manual, dan keteguhan hati yang membara, proses eksekusi pun dimulai :cool:.  Dimulai dengan membagi tepung yang 1 kg menjadi 5 bagian yang mana artinya 1000 gr/5 = 200 gr, berarti tinggal dikurangin dikit jadilah kira - kira 155 gr :evil_grin:.  Trus...trus...sambil ditemani para idol yang sedang bernyanyi di tipi, proses pengocokan telurpun dimulai  (lama -lama capee juga ternyata), dan seterusnya silahkan liat resep dibawah ini yaaa..
 

Banana cake
By Mâché Yufrita
Modif By Vina
Practice by Me :yes:

Bahan:
 
2 buah pisang sudah mateng banget, disarankan pisang raja / ambon (223 gr setelah dikupas/pisang tanpa kulit), benyekin hingga jadi bubur, sisihkan
155 gr tepung self raising ayak dg 1/2 sdt baking soda
120 gr gula pasir
2 butir telur
120 gr (150 ml) mentega cair atau minyak sayur
1/8 sdt garam
Sedikit vanili


Cara:
 
1. Kocok gula, telur, garam dan vanili hingga putih (Tidak perlu sampai kental berjejak).
2. Masukkan pisang dan aduk perlahan dg spatula hingga rata.
3. Masukkan tepung secara bertahap dan aduk perlahan hingga rata.
4. Terakhir masukkan mentega cair/minyak sayur secara perlahan dan aduk
pelan2 hingga rata (Aduk balik, hati2 jangan sampai mentega ada yang mengendap di bawah. Hal tersebut yang menyebabkan bantat).
5. Masukkan adonannya kedalam panci rice cooker yg sudah diolesi mentega cair. Tekan tombol cook, tunggu sampai pindah ke tombol warm. Lakukan berulang sampai cake matang. 
6. Setelah matang, angkat dari rice cooker, diamkan sebentar, balik di piring yang lebih besar dari rice cooker. Sajikan dengan taburan gula halus.


Note :
 
- Tes tusuk pake tusuk gigi, apabila sudah tidak ada adonan lengket maka cake sudah matang. 

- Tepung self raising bisa diganti dengan tepung biasa protein sedang ditambah 1/2 sdt baking powder (baking soda tetap dipakai juga), waktu itu pakenya tepung merk segitiga biru, bukan segitiga bermuda :ninja:.

Daaaan inilah penampakan dari percobaan pertama ....

banana cake with rice cooker
 Gimana penampakannya ?? bolehlah yaa untuk percobaan pertama :yes: :blush:

dan ini penampakan si maestro rice cooker nya ...



hmmmmm......

Percobaan berikutnya apa yaaaaaa, peuyeum cake ato potato cake ato apple cake ato chocolate cake requestnya si adek tercuintah  yaah  :smirk:
 


2 comments :