Sunday, March 2, 2014

Masakan Indonesia : Ikan Pangek Masin khas Padang

Disaat orang - orang ga bisa move on dari kepatah-hatian nya, gue malah ga bisa move on dari tempat tidur. Tumben - tumbennya nih mata dan punggung kompakan, sama - sama kompak ga bisa ninggalin kasur. Beneeeeeeeeer entah apa yang terjadi sabtu kemaren kerjaannya cuma tidur makan trus tiduuuuuuur lagi (curiga ketelan lalat tze tze) :sleepy:.

Wokeeh, cukup sudah malas - malasannya, hari minggu ini kegiatan masak - memasak harus terlaksana (sambil ngikat kepala dengan kacu pramuka) :muscle: :gym: :like_food:

Ceki - ceki kulkas, ternyata masih ada stock ikan tongkol, baiklah...kalau begitu menu utama makanan hari ini Ikan Pangek Masin khas Padang.. masaknya mudah dan ga pake lama, marii dicoba, resep ala keluarga sayah ini :drinking:

Resep  Ikan Pangek Masin

Bahan

1 ekor ikan tongkol (berat sekitar 800 gr)
Bawang merah 5 siung 
Bawang putih 3 siung
Cabe merah kerting 5 biji
Cabe  rawit 3 biji (optional)
Jahe 1 ruas ibu jari
Kunyit  2 ruas ibu jari
Asam kandis 2 biji (bisa diganti dengan tomat)
Daun Ruku - Ruku  (bisa diganti dengan daun kemangi sesuai selera)
Serei 1 biji
Santan (santan instan ukuran 250 ml)
Daun Salam 2 lembar
Daun Kunyit 1 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Jeruk nipis 
Minyak sayur 1 SM
Air secukupnya
Terasi sedikit saja (bisa di skip)
Garam Secukupnya

Cara membuat

1.  Potong ikan tongkol menjadi 5 bagian (atau sesuai selera), lumuri dengan garam dan jeruk nipis, diamkan sekitar 30 menit.

2. Iris : bawang merah, bawang putih, cabai. Ulek halus kunyit,  jahe dan terasi. Serei di geprek.

3. Panaskan minyak, masukkan bumbu yang dihaluskan, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, asam kandis, serei, daun salam, daun jeruk, oseng - oseng sebentar kemudian  masukkan santan lalu air. Masukkan daun kunyit, apabila bumbu sudah menyatu masukkan ikan tongkol.Terakhir masukkan daun kemangi

4. Apabila tidak menggunakan asam kandis bisa diganti dengan potongan tomat yang dimasukkan beberapa saat sebelum ikan matang.

5. Apabila ikan sudah matang, siap dihidangkan.


 Mariiiiiiii makaaaaan teman - teman :hungry: 


note :
Sebagai tambahan  bisa divariasikan dengan menambahkan tempe. Tempe di potong - potong sesuai selera dan dimasukin barengan dengan ikannya.

1 comment :